Jumat, 12 April 2013

Pembanding Nilai dengan PHP


Pembanding... Mungkin pikiran pertama kita akan terkait dengan namanya lebih besar dari atau lebih kecil dari.Biasanya kalau pembanding yang umum dipakai itu hanya membandingkan saja,bagaimana bila kita ingin membandingkan nilai mana yang lebih kecil atau lebih besar diantara nilai yang kita miliki dan memilih nilai sesuai yang kita inginkan? Nah maka dari itu saya akan membahas bagaimana caranya membuat perbandingan seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Mungkin bila masih ada yang belum mengerti bagaimana logika yang akan kita buat,maka saya akan menjelaskan logikanya. Mula-mula kita masukkan nilai yang akan kita bandingkan lalu cari selisih diantara nilai yang akan kita bandingkan . Setelah itu,kita asumsikan sebuah kondisi dimana bila selisih bernilai minus(-) maka nilai yang akan kita pakai adalah nilai  B. Namun,bila selisih ternyata bernilai plus(+) maka nilai yang akan kita pakai adalah nilai A.

                Baiklah semoga sudah mengerti semua dengan logika yang sudah saya terangkan diatas dan selanjutnya kita ke tahap pengkodean dengan bahasa PHP .

<?php
//pembandingan.php
/*
Program pembanding dua nilai dengan PHP
Oleh death voice
*/
//Deklarasi attribut
$var1=70;
$var2=80;
//Hitung selisih antar dua nilai
$selisih=$var1-$var2;
//Kondisi bila minus atau plus
if($selisih>0){
echo "Nilai yang lebih besar adalah ".$var1;
}else{
echo "Nilai yang lebih besar adalah ".$var2;
}
?>
Um sepertinya semua kode diatas hanyalah kode dasar yang saya gunakan dan hanya bermain dengan kondisi saja,jadi saya tidak perlu menjelaskan satu persatu apa guna setiap kode (:D) . Untuk alur dan logika sudah dijelaskan diatas kan?hehe… Sekarang mari kita jalankan kode yang sudah kita buat tadi dan kita lihat apa output yang akan dihasilkan ...

Output yang akan dihasilkan dari kode diatas adalah seperti ini : Nilai yang lebih besar adalah 80

Lalu bagaimana bila kita ingin mencari nilai terkecil? Um… It seems like you have to write your own code haha . Bila anda dapat menyederhanakan kode diatas silahkan dan harus disederhanakan dengan alur yang anda miliki (Believe yourself that you can :D)

Mungkin sampai disini saja tutorial kali ini 

Semoga bermanfaat

Salam

Me a.k.a death voice



0 comments:

Posting Komentar