Selasa, 12 April 2011

belajar html dasar

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang umum digunakan untuk membuat halaman web. Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa mark-up atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai.
Daftar-daftar tag pada html dan fungsinya:
Tag <html> 
Tag <html> memberitahukan browser bahwa dokumen ini sebuah dokumen HTML. Elemen html merupakan elemen utama dalam dokuen HTML dan XHTML. Elemen html juga dikenal sebagai elemen dasar.

Tag <body>
Elemen body berisi semua konten dari sebuah dokumen HTML, seperti teks, hyperlinks, gambar, tabel, daftar, dsb.

Tag <h1> sampai <h6> 

Tag <h1> sampai <h6> digunakan untuk mendefinisikan heading pada HTML. <h1> mendefinisikan heading terbesar sedangkan <h6> mendefinisikan heading terkecil.

Tag <p>

Tag <p> mendefinisikan sebuah paragraf. Elemen p secara otomatis membuat beberapa space sebelum dan setelahnya. Spasi dapat secara otomatis diaplikasikan oleh browser, atau bisa juga kita tentukan terlebih dahulu lewat style sheet (CSS).

Tag <br>

Tag <br> berfungsi untuk memasukkan baris baru. Tag <br> merupakan tag kosong, artinya tag ini tidak memiliki tag akhir.

Tag <hr> 

Tag <hr> menciptakan sebuah garis horisontal dalam sebuah halaman HTML. Elemen hr dapat digunakan untuk memisahkan komten dalam halaman HTML.

kita akan membuat sebuah dokumen html sebagai berikut:

nama file : latihan.html
<html>
   <head>
      <title> Belajar HTML </title>
   </head>
   <body>
    ini adalah halaman web pertama
   </body>
</html>
 
silahkan untuk di  modifikasi 

0 comments:

Posting Komentar